Sukarno, Penulis Buku dan Novel yang Mendirikan Mediajatengonlen.com

SUKARNO nama lengkapnya. Penulis Buku dan Novel yang mendirikan Mediajatengonlen.com ini lahir di Grobogan, Jawa Tengah. Sukarno adalah seorang Sarjana Ilmu Politik lulusan Universitas Terbuka (UT), universitas dengan jumlah mahasiswa dan jumlah alumni terbesar di Indonesia. Selanjutnya, Sukarno juga menamatkan studi di Fakultas Sastra (FS) Universitas Diponegoro Semarang (Undip). Di Undip Sukarno pernah menjadi Wakil Ketua BEM FS Undip, Fungsionaris Bidang Politik BEM Undip, dan PMII. Sukarno sejak mahasiswa sudah dikenal aktif di beberapa organisasi.

Sukarno juga berpengalaman sebagai moderator, pembicara dan narasumber dalam berbagai acara. Di kampus Sastra Undip pula, Sukarno mendapat bekal ilmu reading, writing, listening, speaking, translation dan berbagai mata kuliah penting lainnya dari para dosen Sastra Inggris Undip yang dikenal berintelektualitas tinggi. Sukarno juga mendapat mata kuliah Jurnalisme dan mata kuliah Editing yang sangat berguna bagi dia untuk bekal sebagai penulis dan jurnalis.
Kiprah di bidang jurnalistik diawali ketika pada tahun 2002 Sukarno mulai bergiat sebagai reporter, hingga menjadi redaktur pelaksana pada tahun 2004-2007. Sukarno pernah mengikuti Diklat Jurnalistik se-Jawa dan Bali di Yogyakarta tahun 2003. Pernah mengikuti Workshop Jurnalisme Sastrawi tingkat Nasional di Semarang yang diselenggarakan atas dukungan Tifa Foundation dan Majalah Pantau Jakarta tahun 2005. Sukarno juga pernah mendapatkan materi pelatihan jurnalisme investigasi dari jurnalis dan pimpinan redaksi TEMPO Jakarta Bapak Toriq Hadad.
Tulisan Sukarno telah dimuat di berbagai media, baik media online maupun media cetak. Sejak tahun 2008, Sukarno mulai menulis buku dan bukunya diterbitkan oleh penerbit buku. Hingga kini, tujuh judul buku yang ditulisnya telah diterbitkan oleh beberapa penerbit di Yogyakarta, Semarang, dan Grobogan. Semua bukunya ber-ISBN sehingga terindeks secara internasional. Puluhan judul naskah bukunya yang telah ditulisnya juga siap diterbitkan.
Salah satu buku antologi yang terbit pada tahun 2013 mendapat kata pengantar dari beberapa tokoh penting yaitu mantan Rektor Undip dan Ketua Forum Rektor Indonesia Bapak Prof Ir. H. Eko Budihardjo, MSc (sekarang almarhum, semoga beliau mendapatkan tempat terbaik di sisi Nya), Bapak Bambang Trim Pengurus IKAPI Pusat, dan Bapak Prof Dr Rustono Alumni Universitas Indonesia dan Ketua Dewan Kesenian Jawa Tengah.
Selain itu, Sukarno juga pernah belajar di beberapa pondok pesantren terkenal di beberapa daerah yaitu di Jombang (Jawa Timur), Purwodadi (Kabupaten Grobogan Jawa Tengah) dan Semarang. Sukarno tercatat sebagai anggota Ikatan Alumni (IKA) UT Jakarta, anggota Ikatan Alumni (IKA) Undip Semarang, dan anggota PPWI. Pada Agustus 2015, Mediajatengonlen.com tergabung dalam jaringan PPWI Media Group yang dipimpin Wilson Lalengke, SPd, MSc MA dan berpusat di Jakarta. Pergaulannya cukup luas dengan berbagai kalangan. Misalnya penulis, jurnalis, advokat, pejabat, birokrat, pengusaha, petani, politisi, aktivis organisasi dan LSM, tentara, polisi, karyawan/buruh, mahasiswa, guru, dosen, santri, ulama, wirausaha, dll. Semoga Sukarno semakin produktif menulis dan berkontribusi aktif dalam membangun Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Related product you might see:

Share this product :

Post a Comment

 
Support : Sukarno Pressindo | Fatimah Pressindo | Putri Boga
Copyright © 2011. Media Jateng Onlen - All Rights Reserved
Template Created by Sukarno Pressindo Published by Fatimah Pressindo
Proudly powered by Sukarno