Problem dan Pengembangan UKM di Indonesia dan Berbagai Negara

Guru Besar Universitas Diponegoro (Undip) Semarang FX Sugiyanto memaparkan berbagai masalah usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia dan berbagai negara di dunia. Problem UKM antara lain pembiayaan, pasar dan pemasaran, kualitas SDM, kualitas manajerial, kelembagaan (BPS SE: 2006, SE Mendagri 500/1404/V/bangda, Juni 2009). Sugiyanto memaparkan makalahnya dalam seminar tentang UMKM di Semarang, beberapa waktu lalu.
Problem UMKM di Thailand di antaranya lack of access to formal financial market, institutional policy, entrepreneurship and human resources, technology and management capability. Problem UMKM di Malaysia di antaranya lack of capacity, lack of access to formal financial market. Problem UMKM di China di antaranya lack of access to formal financial market, huge regional disparity in development of SME sector (Eastern-Western china), lack of entrepreneurship.
Sugiyanto juga memaparkan pengalaman berbagai negara dalam memberdayakan dan mengembangkan UMKM. Di China, upaya yang dilakukan antara lain: improving business support services, improving SMEs capacity of technology, dan developing industrial cluster. Di Thailand, upaya yang dilakukan antara lain: penguatan dukungan sistem keuangan  untuk UMKM, meningkatkan akses pasar UKM, mengembangkan wirausaha dan sumber daya manusia pelaku UKM, menyediakan lingkungan bisnis yang kondusif, mengembangkan jejaring UKM dan cluster, mengembangkan usaha mikro dan usaha yang berbasis masyarakat.
Sugiyanto mengungkapkan strategi pengembangan UKM Indonesia. Hampir semua strategi yang dilakukan China, Thailand, dan Malaysia sudah dirumuskan Indonesia. Apa yang salah? tanyanya. Sugiyanto pun menawarkan alternatif solusi. Kurangi "asymmetric information", saling "berebut" dan "merasa berhak", sehingga tidak fokus. Dorong pembentukan "Bank UKM".

Related product you might see:

Share this product :

Post a Comment

 
Support : Sukarno Pressindo | Fatimah Pressindo | Putri Boga
Copyright © 2011. Media Jateng Onlen - All Rights Reserved
Template Created by Sukarno Pressindo Published by Fatimah Pressindo
Proudly powered by Sukarno