Semarang Terpilih sebagai Salah Satu dari 100 Resilient Cities di Seluruh Dunia

Sebagaimana definisi yang tertera dalam leaflet 100 Resilient Cities, ketahanan kota adalah kapasitas individu, masyarakat, lembaga, perusahaan dan sistem dalam sebuah kota untuk bertahan, beradaptasi dan tumbuh menghadapi berbagai guncangan dan tekanan apapun, baik fisik, sosial maupun ekonomi. Selanjutnya dari presentasi pemrakarsa Kota berketahanan untuk Semarang disebutkan bahwa ancaman dan tekanan di Kota Semarang ini di antaranya meliputi rob dan banjir, kekeringan, kemacetan lalu lintas. "Saya akan menambahkan beberapa hal, diantaranya abrasi dan akresi (terjadi di Mangunharjo dan Mangkangwetan, Kecamatan Tugu, daerah sekitar Marina, Trimulyo Genuk), tanah longsor (Bukit Manyaran, Deliksari, sepanjang daerah patahan dari Srondol, Gombel Lama, Bendan, Sekaran Gunung Pati), sampah (baru 65 persen cakupan pelayanan), ruang terbuka hijau (masalah kualitas dan pemerataan), " ungkap pakar lingkungan dan mantan rektor Undip Prof Sudharto P Hadi, PhD.

Prof Sudharto menjadi pembicara Lokakarya Menuju Semarang Sebagai Kota Tangguh dengan makalahnya berjudul Dimensi Sosial dan Lingkungan Berketahanan. Lokakarya diselenggarakan di Gedung Moh Iksan, Jl Pemuda Kota Semarang. Lokakarya dihadiri lebih dari seratus peserta.
Pembicara lain yang tampil yaitu Hayu Parasasti (dari Bappenas), Vicky Hu (dari Swiss Re, Eropa), Bambang Haryono (dari Bappeda).
Dalam publikasi Resilience Office, dijelaskan bahwa 100 Resilient Cities (100RC) merupakan sebuah program yang dipelopori oleh Rockefeller Foundation untuk membantu kota-kota di seluruh duniaagar menjadi kota yang tangguh dalam menghadapi tantangan fisik, sosial dan ekonomi, dan tidak hanya tantangan yang diakibatkan oleh perubahan iklim. Semarang merupakan salah satu kota yang terpilih untuk berpartisipasi dalam program 100RC.
Sampai saat ini sudah ada 67 kota di seluruh dunia yang terpilih oleh tim seleksi, antara lain Los Angeles (USA), Mexico City (Mexico), New Orleans (USA), New York City (USA), Medellin (Colombia), Porto Alegre (Brazil), Quito )Equador), Rio De Janeiro (Brazil), Surat (India), Bangkok (Thailand), Mandalay (Philipina), Da Nang (Vietnam), Semarang (Indonesia), Bristol (UK), Glasgow (UK), Roma (Italia), Rotterdam (Belanda), Dakar (Senegal), dan Durban (Afrika Selatan).

Related product you might see:

Share this product :

Post a Comment

 
Support : Sukarno Pressindo | Fatimah Pressindo | Putri Boga
Copyright © 2011. Media Jateng Onlen - All Rights Reserved
Template Created by Sukarno Pressindo Published by Fatimah Pressindo
Proudly powered by Sukarno