Profil Tokoh: Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi, "Dalam Hidup Kita Harus Selalu Berusaha Meningkatkan Diri"

Drs Rukma Setyabudi MM nama lengkapnya beserta gelar yang berhasil diraihnya. Pejabat yang ramah ini lahir 27 Februari 1958 di Purworejo, Jateng. Dia menyelesaikan pendidikan SD dan SMP di Purworejo. Selanjutnya dia melanjutkan SMA di Kota Yogyakarta. Rukma lulus dari jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Sanata Dharma, (dahulu IKIP). Selanjutnya menempuh studi S2 di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta). Saat ini bahkan Rukma sedang menempuh pendidikan S3 di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Rukma yang berpengalaman sebagai pengusaha juga pernah menjadi guru pegawai negeri selama 16 tahun. Tahun 1999 ikut nyaleg terpilih, masuk DPRD Kabupaten Purworejo. Baru 16 tahun golongan IVA, Rukma mengundurkan diri dengan hormat sebagai guru. Tahun 2004-2009 dia terpilih sebagai anggota dewan, tapi kali ini sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah. Tahun 2012 dia dipilih sebagai Plt Ketua DPRD Jateng, menggantikan Murdoko. Pada tahun 2014 terpilih Rukma sebagai Ketua DPRD Jateng periode 2014-2019.
Meskipun mempelajari bahasa dan sastra Inggris, Rukma juga masih menerapkan filosofi Jawa. Baginya "memayu hayuning bawono" bermakna "dalam hidup kita harus selalu berusaha meningkatkan diri, menjadi lebih baik baik bagi diri sendiri maupun orang lain," kata Rukma kepada Sukarno (Penulis buku dan novel, jurnalis, anggota PPWI dan pendiri Mediajatengonlen.com).
"Nobody is perfect," ungkapnya mengutip peribahasa Inggris yang sangat menginspirasi hidupnya.

Related product you might see:

Share this product :

Post a Comment

 
Support : Sukarno Pressindo | Fatimah Pressindo | Putri Boga
Copyright © 2011. Media Jateng Onlen - All Rights Reserved
Template Created by Sukarno Pressindo Published by Fatimah Pressindo
Proudly powered by Sukarno