Kota Semarang tahun 2013 sudah melakukan kajian yang menghasilkan lintas Mangkang-Penggaron sepanjang 26 km dengan 15 stasiun (Mangkang, Penggaron, Simpanglima, Wijayakusuma, Tambak Aji, IAIN Walisongo, Sudirman, Karang Ayu, Soegijapranata, Pandanaran, A. Yani, Milo, Gajah, Fatmawati, Pucang Gading).
Perkiraan biaya pembangunan sekitar Rp 2,6 triliun. Tidak pembelian sarana. Potensi demand penumpang yang akan menggunakan diperkirakan 8.722 penumpang per hari.
Namun, disayangkan kajian ini tidak dilanjutkan usulan ke Kemenhub, sehingga ketika sekarang Pemerintah pusat akan menentukan kota-kota yang mendapat perhatian untuk dibangun LRT, Kota Semarang tidak termasuk.
"Masih ada kesempatan jika Pemkot. Semarang berminat. Jangan mengabaikan sistem bus transit yang sudah dirintis dengan 4 koridor utama, " ujar alumni Undip dan ITB ini.
Post a Comment